Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan rendahnya tingkat literasi masyarakat, yang mengakibatkan ketidakpahaman terhadap berbagai rambu-rambu, himbauan, dan informasi yang ada, sehingga menurunkan kepatuhan masyarakat di ruang publik. Peneliti bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik mengenai jenis-jenis informasi, tujuannya, serta contohnya. Penelitian ini dirancang untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman peserta didik tentang materi kalimat perintah, ajakan, harapan, dan larangan dengan menggunakan media konkret. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran, peserta didik mampu berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. Model PBL dengan media konkret terbukti sebagai salah satu variasi model pembelajaran yang efektif dalam mempermudah pemahaman materi kalimat perintah, ajakan, harapan, dan larangan, serta dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2024