Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan manajemen pendidik dan tenaga pendidik dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru. 2) untuk mengetahui dan menganalisis pengorganisasian manajemen pendidik dan tenaga pendidik dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru. 3) untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan manajemen pendidik dan tenaga pendidik dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru. 4) Untuk mengetahui dan menganalisis evaluasi manajemen pendidik dan tenaga pendidik dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru di SMK Muhammadiyah Talun Kabupaten Pekalongan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan studi kasus. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dengan tiga langkah: reduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan dengan melakukan identifikasi kebutuhan sekolah, jumlah guru yang di perlukan, kriteria guru yang di perlukan dan posisi guru yang di perlukan. 2) Pengorganisasian dengan melakukan rekrutmen, seleksi, orientasi, penempatan dan pelatihan pengembangan karir. 3) Pelaksanaan dengan mengarahkan guru untuk melakukan inovasi dan pengembangan dalam pembelajaran dan memberikan motivasi yang disampaikan dalam proses pembelajaran dan pembinaan upacara bendera serta disampaikan secara personal. 4) Evaluasi yang dilakukan kepala sekolah meliputi kedisiplinan, kesetiaan, prestasi kerja, tanggung jawab, ketaatan, kejujuran, kerja sama, dan kemampuan dan dilakukan pula penilaian yang berkaitan dengan proses pembelajaran.
Copyrights © 2024