Beberapa guru SMP di Kota Samarinda masih kurang mampu memilih dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan ekspektasi pendidikan abad ke-21. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk: 1) Melatih kelompok pendamping tentang cara membuat dan memilih model dan alat pembelajaran; 2) Membantu kelompok guru dalam mengajar siswa menggunakan alat yang telah dibuat; dan 3) Memperkuat peran pemangku kepentingan dalam meningkatkan kapasitas guru, terutama dalam kompetensi pedagogis. Strategi Community-Based Research (CBR) akan digunakan untuk melaksanakan kegiatan yang dijadwalkan. Metode yang digunakan adalah partisipatif. Guru-guru dari SMP Negeri 1, 4, dan 5 di Kota Samarinda merupakan komunitas mitra yang terlibat, dan setiap kepala sekolah adalah pemangku kepentingan dalam program ini. Tahapan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah meletakkan dasar penelitian, merencanakan penelitian, mengumpulkan dan menganalisis data, serta mengambil langkah-langkah tindakan.
Copyrights © 2024