Penelitian ini bertujuan mengembangkan materi Pendidikan Agama Islam (PAI) di perguruan tinggi yang relevan dengan kebutuhan siswa dalam menghadapi tantangan zaman. Materi dirancang untuk memperkuat integrasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan akademik, sosial, dan profesional. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, meliputi analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan studi dokumen, dengan partisipasi dosen dan mahasiswa dari berbagai program studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi yang dikembangkan berbasis pendekatan interdisipliner dan isu-isu kontemporer mampu meningkatkan pemahaman agama, relevansi pembelajaran, dan keterlibatan siswa. Implementasi evaluasi menunjukkan peningkatan hasil belajar, keterampilan integrasi nilai Islam dalam disiplin ilmu, serta sikap positif terhadap pembelajaran PAI. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan materi PAI berdasarkan kebutuhan siswa dan isu kontekstual efektif meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi. Model yang disarankan ini diterapkan lebih luas untuk memperkuat pembelajaran PAI.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024