Fisika adalah satu mata pelajaran di SMA yang seringkali dianggap sulit oleh para siswa. Hasil wawancara awal dengan beberapa siswa menunjukkan bahwa fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit untuk dipelajari. Tidak hanya sulit dipelajari, fisika bahkan menjadi salah satu mata pelajaran yang dibenci oleh siswa. Opini/pandangan umum siswa dan masyarakat ini didukung oleh hasil penelitian yang menemukan bahwa fisika merupakan pelajaran yang sulit dan paling dibenci oleh siswa khususnya siswa SMA. Siswa kesulitan memahami fisika antara lain karena cakupan materi pelajaran fisika padat, dalam pembelajarannya dominan diajarkan dengan menghapal dan paparanya banyak dalam bentuk persamaan matematis. Siswa jarang atau minim dikenalkan media pembelajaran fisika yang interaktif dalam proses pembelajaran di kelas. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melatih penggunaan aplikasi PHET kepada siswa kelas XII IPA. Keunggulan PHET dibandingkan aplikasi lainnya antara lain, aplikasi PHET dikenal interaktif, mudah digunakan, fleksibel, memiliki tampilan yang menarik, mampu menampilkan fenomena yang sulit diamati secara langsung, serta memiliki akses gratis dan dapat diunduh secara offline. Pengabdian dilaksanakan di SMAN 1 Gunungari Lombok Barat dengan diikuti 25 siswa berasal dari perwakilan kelas XII IPA 1, XII IPA 2, XII IPA 3 dan XII IPA 4. Metode pengabdian dilaksanakan dalam bentuk pelatihan yang terdiri dari dua tahap yaitu: tahap pertama, penyuluhan cara menggunakan PHET rangkaan listrik, dan tahap kedua, membimbing siswa praktek menggunakan PHET rangkaian listrik. Hasil pengabdian menunjukkan para siswa mampu menggunakan aplikasi PHET khususnya untuk rangkaian listrik dengan capaian yang memuaskan. Respon siswa terhadap kegiatan pengabdian ini dalam kategori memuaskan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023