Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 7 No. 2 (2024): Mei

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BOLA UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS 2 SD NEGERI 12 AMPENAN

Hikmawati, Hikmawati (Unknown)
Wiwindiarti (Unknown)
Taufiqurrahman, Irwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas 2 SD Negeri 12 Ampenan melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan pemanfaatan media pembelajaran bola. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 13 November 2023 di SD Negeri 12 Ampenan dengan peserta kegiatan sebanyak 20 orang. Metode pelaksanaan kegiatan terbagi ke dalam tiga tahapan yakni: pembukaan, inti (pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dan media pembelajaran bola pada Mata Pelajaran Matematika, topik penjumlahan dan pengurangan), dan penutup. Data Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (KBTT) diperoleh dari pemberian tes sejumlah 10 soal. Ketuntasan klasikal terpenuhi bila 85% siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 80. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa nilai rata-rata KBTT peserta didik sebesar 86, dengan nilai tertinggi sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 60. Ketuntasan klasikal sebesar 90% peserta didik memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 80. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan pemanfaatan media pembelajaran bola dapat dijadikan alternatif model dan media pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas 2 SD Negeri 12 Ampenan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...