Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Authoring Tool Lectora Inspire. Fokus penelitian ini adalah materi manusia dan lingkungan untuk siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Sebelum pelaksanaan tindakan, dilakukan kegiatan pra-siklus untuk memperoleh data awal terkait tingkat pemahaman siswa. Media pembelajaran interaktif dipilih karena mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan terlihat dari nilai N-gain pada setiap siklus, di mana pada siklus I mencapai 0,27 dengan kriteria rendah, dan meningkat menjadi 0,40 dengan kriteria sedang pada siklus II. Selain itu, siswa menunjukkan respons yang lebih positif terhadap materi yang disajikan, dengan peningkatan partisipasi aktif selama pembelajaran. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya pada materi manusia dan lingkungan.
Copyrights © 2024