Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Vol 2 No 2 (2024)

Pengaruh Pengembangan Pembelajaran PAI Berbasis Proyek terhadap Kreativitas Siswa SD Negeri 138318 Tanjungbalai

Nurhidayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis proyek terhadap kreativitas siswa di SD Negeri 138318 Tanjungbalai. Pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning, PBL) diharapkan dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan lebih aktif dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan PBL dalam pembelajaran PAI dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes kreativitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran PAI berbasis proyek berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kreativitas siswa, baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis proyek menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dalam hal pemecahan masalah, kolaborasi, dan aplikasi pengetahuan dalam konteks kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memberikan rekomendasi bahwa sekolah-sekolah perlu mempertimbangkan penerapan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran PAI.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jitk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of ...