RENATA Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua
Vol. 2 No. 3 (2024): Renata - Desember 2024

Peningkatan Kompetensi Guru IPA SD di Kecamatan Metro Utara Melalui Pelatihan Pembuatan dan Pengembangan Alat Peraga Fisika

Supriyanto, Amir (Unknown)
Pauzi, Gurum Ahmad (Unknown)
Karo-Karo, Pulung (Unknown)
Syafriadi, Syafriadi (Unknown)
Abdurrahman, Ahmad Faruq (Unknown)
Aprilia, Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru IPA SD di Kecamatan Metro Utara dalam merancang dan mengembangkan alat praktikum sederhana untuk mendukung pembelajaran IPA, khususnya Fisika. Pelatihan ini mencakup ceramah, diskusi dan praktik pembuatan media praktikum. Media praktikum yang dibuat antara lain media pembelokan cahaya, konveksi pada zat cair dan termometer sederhana. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur perubahan pengetahuan dan keterampilan guru. Rata-rata nilai peserta pelatihab meningkat signifikan dari 26,92% menjadi 63,08%. Hal ini menunjukkan efektivitas pelatihan dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan praktikum. Hal ini diharapkan berdampak positif pada kualitas pembelajaran IPA di tingkat sekolah dasar, menjadikan Fisika sebagai mata pelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Kata kunci: guru IPA SD; alat praktikum sederhana; pembelajaran Fisika; evaluasi pelatihan Abstract This community service activity aims to enhance the competencies of elementary science teacher in Metro Utara in designing and developing simple practical tools to support science learning, especially Physics. The training involved lectures, discussions, and practical sessions to create simple practical media, such as tools for demonstrating convection in liquids, light reflection, and simple thermometer construction. Evaluation was conducted through pretest and posttest to measure changes in the teachers ‘knowledge and skill. The participants’ average scores increased significantly from 26,92% to 63,08%, indicating the training’s effectiveness in improving conceptual understanding and practical skills. These results are expected to positively impact the quality of science education at the elementary level, making Physics an engaging and easily understood subject for student. Keywords: elementary science teachers; simple practical tools; Physics learning; training evaluation

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

renata

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Other

Description

RENATA adalah jurnal pengabdian masyarakat untuk semua masyarakat Indonesia. Jurnal ini yang tidak terbatas pada kalangan akademisi, peneliti, dan mahasiswa. Namun, jurnal inipun mencakup pada kelompok keilmuan, lembaga profesi, atau kalangan masyarakat lain yang membutuhkan publikasi dari kegiatan ...