Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi: 1) prosedur pembelajaran apresiasi cerita rakyat ‘Dewi Perindu’ menggunakan teknik tes kloz bermedia bahan ajar mandiri; 2) hasil belajar apresiasi cerita rakyat ‘Dewi Perindu’ menggunakan teknik tes kloz bermedia bahan ajar mandiri. Penelitian ini berlangsung di awal semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 di SMP Negeri 20 Batam. Populasi adalah kelompok siswa kelas 7 yang mengikuti pembelajaran apresiasi cerita rakyat ‘Dewi Perindu’ menggunakan teknik tes kloz bermedia bahan ajar mandiri. Mereka berjumlah 29 siswa pada satu kelas 7. Sampel penelitian ini adalah seluruh anggota populasi. Instrumen pertama penelitian ini adalan RPP. Instrumen kedua penelitian ini adalah pedoman observasi yang berfungsi untuk mengumpulkan data prosedur pembelajaran. Instrumen kedua adalah daftar cek-ricek yang berfungsi untuk memvalidasi setiap data pembelajaran. Instrumen ketiga adalah tes tertulis yakni berbentuk pilihan ganda 4 opsi tentang unsur intrinsik cerita rakyat. Data pembelajaran dianalisis secara tematik sedangkan data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran apresiasi cerita rakyat ‘Dewi Perindu’ menggunakan teknik tes kloz bermedia bahan ajar mandiri pada kegiatan awal berisi 3 jenis kegiatan; 2) prosedur pembelajaran apresiasi cerita rakyat ‘Dewi Perindu’ menggunakan teknik tes kloz bermedia bahan ajar mandiri pada kegiatan inti berisi 19 jenis kegiatan; 3) prosedur pembelajaran apresiasi cerita rakyat ‘Dewi Perindu’ menggunakan teknik tes kloz bermedia bahan ajar mandiri pada kegiatan akhir berisi 4 jenis kegiatan; 4) hasil belajar apresiasi cerita rakyat ‘Dewi Perindu’ menggunakan teknik tes kloz bermedia bahan ajar mandiri mencapai batas minimal 70,00. Kata Kunci: prosedur pembelajaran, apresiasi cerita rakyat, Kepulauan Riau, teknik kloz, bahan ajar mandiri
Copyrights © 2024