Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 3 No. 5 (2024): September 2024

Penyusunan Tes Formatif Bentuk Pilihan Ganda Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Berbasis Validitas Isi

Sabarullah, Iman (Unknown)
Agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan: 1) perangkat tes pilihan ganda empat opsi keterampilan membaca teks eksposisi topik matematika berbasis validitas isi bagi siswa kelas X SMA; 2) perangkat tes pilihan ganda empat opsi keterampilan membaca teks eksposisi topik profetik berbasis validitas isi bagi siswa kelas X SMA. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Teluk Bintan pada semester ganjil 2024/2025. Penyusunan perangkat tes keterampilan membaca teks eksposisi dan profetik berbasis prosedur objektif yang deskriptif tanpa melibatkan penghitungan statistik. Kuesioner digunakan untuk memvalidasi secara internal prosedur penyusunan tes terutama perosedur penyusunan spesifikasi tes, memvalidasi secara internal kesesuaian antara butir tes dengan spesifikasi tes, dan memvalidasi secara internal objektivitas kunci tes. Hasil penelitian: 1) tersedianya perangkat tes pilihan ganda empat opsi keterampilan membaca teks eksposisi topik matematika berbasis validitas isi bagi siswa kelas X SMA yang berisi 12 butir pertanyaan yakni 2 pertanyaan tentang kalimat pokok, 4 pertanyaan tentang kalimat pendukung, 2 pertanyaan tentang gagasan pokok, dan 4 pertanyaan tentang gagasan pendukung; 2) tersedianya perangkat tes pilihan ganda empat opsi keterampilan membaca teks eksposisi topik profetik berbasis validitas isi bagi siswa kelas X SMA yang berisi 12 butir pertanyaan yakni 2 pertanyaan tentang kalimat pokok, 4 pertanyaan tentang kalimat pendukung, 2 pertanyaan tentang gagasan pokok, dan 4 pertanyaan tentang gagasan pendukung. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...