Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pembelajaran mengedit larik pantun profetik menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar pengayaan; 2) hasil belajar mengedit larik pantun profetik menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar pengayaan; 3) sama-tidaknya hasil belajar mengedit larik pantun profetik menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar pengayaan per kelompok sampel. Metode deskriptif-kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini berlangsung di bulan Agustus 2024. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 6 SD Negeri Bangbayang 02 yang mengikuti pembelajaran mengedit larik pantun menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar pengayaan. Mereka berjumlah 32 siswa yang terbagi dari masingmasing 16 siswa dan siswi. Sampel dipilih secara random dari kelompok populasi sebanyak 30 siswa. Jumlah ini didasarkan kepada formula statistik. Data prosedur pembelajaran dikumpulkan menggunakan instrumen pedoman observasi. Data kuantitatif dikumpulkan menggunakan tes unjuk kerja mengedit larik pantun profetik. Daftar cek-ricek digunakan juga untuk memvalidasi data penelitian. Data mengedit larik pantun dianalisis menggunakan statistik inferensial parametrik. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran mencakup 3 kegiatan awal, 18 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) hasil belajar mengedit pantun profetik menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar pengayaan mencapai skor baku 78,20 karena nilai t satu sampel sebesar 1,149 berada pada sig. 0,260 > 0,05 pada mean ekspektasi yang berkategori tinggi; 3) tidak terdapat perbedaan hasil belajar mengedit pantun profetik menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar pengayaan per kelompok sampel karena nilai t sampel independen sebesar 1,694 berada pada sig. 0,101 > 0,05.
Copyrights © 2024