Desain sistem injector bahan bakar untuk motor pembakaran dalam merupakan salah satu faktor krusial dalam duniaotomotif yang mana hal ini langsung berhubungan dengan kinerja mesin dan bahkan merupakan upaya mengurangi emisi CO2dari pembakaran bahan bakar. Kinerja mesin ini bergantung erat pada karakteristik aliran jet turbulen yang dihasilkan olehnozzle injeksi. Studi ini oleh karena itu berfokuskan pada solusi permasalahan pada aliran jet turbulen yang kurang menyebaryang keluar dari nozzle sirkular tanpa eksitasi. Solusi dilakukan dengan menambahkan pasangan katup pulsasi pada nozzle untukmengeksitasi aliran jet turbulen dari udara bertekanan. Aliran intermittent yang sangat berdampak pada penyebaran danentrainment dari jet diukur dengan constant temperature hot-wire anemometer. Aliran jet turbulen terpulsasi ini dihasilkan dalamrentang angka Reynolds dari 12000 - 38000 dan angka Strouhal sebesar 0,0068 - 0,0072. Hasil-hasil pengukuran mengkonfirmasipenemuan-penemuan terkini dan sebelumnya bahwa eksitasi yang ditambahkan menghasilkan penyebaran dan entrainment jetterpulsasi yang lebih baik daripada yang dihasilkan oleh nozzle injeksi tanpa eksitasi. Namun demikian, jet turbulen yang kurangmenyebar dihasilkan oleh angka Reynolds yang lebih tinggi dan tren yang saling berlawanan terhadap frekuensi pulsasi yangberubah ditunjukkan pada mass flow rate rendah dan tinggi.
Copyrights © 2024