Sistem pendidikan pada saat ini diharuskan bisa mengakomodasi perbedaan karakteristik peserta didik sehingga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan belajar setiap individu peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya perbedaan karakteristik dan kebutuhan masing-masing peserta didik sehingga diperlukan pembelajaran berdiferensiasi untuk memfasilitasi keberagaman karakteristik tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar peserta didik meliputi faktor emosi, faktor fisik, faktor lingkungan, dan faktor sosiologis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan adalah semua siswa kelas VB SDN Kaligawe tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 27 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VB memiliki gaya belajar yang beragam. Terbukti bahwa gaya belajar siswa menunjukkan 40,7% visual, 33,3% auditori, dan 26% kinestetik. Perbedaan inilah yang menjadi tantangan guru untuk menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi bertujuan untuk memfasilitasi siswa dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024