Jambura Journal of Community Empowerment
Volume 5 No. 2: Desember 2024

Analisis Penggunaan Media Papan Kebutuhan Individu Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Lailatul Qodariyah, Mila Zahra (Unknown)
Sukamto, Sukamto (Unknown)
Suyoto, Suyoto (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Revolusi industri 4.0 yang berkembang semakin pesat membuat penyelenggaraan pembelajaran lebih kreatif dan inovatif dalam mengatur proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penggunaan media papan kebutuhan digunakan dalam proses belajar Pendidikan Pancasila kelas IV di SDN Kaligawe. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dua kali pembelajaran. 27 peserta didik dari kelas IV SDN Kaligawe adalah subjek penelitian ini. Hasil belajar peserta didik diamati selama proses pengumpulan data. Hanya 25% ketuntasan yang dicapai pada pembelajaran awal tanpa menggunakan media, dengan nilai hasil belajar rata-rata 67 dan ketuntasan di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Ini menunjukkan bahwa belum tercapainya tujuan pembelajaran. Pembelajaran menggunakan papan kebutuhan individu meningkatkan nilai rata-rata peserta didik menjadi 84 dengan ketuntasan mencapai 81%. Menurut hasil penelitian, pembelajaran kedua memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan terdapat peningkatan sebesar 56%. Penelitian ini menemukan bahwa papan kebutuhan individu sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN Kaligawe.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jjce

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

JAMBURA Journal Community Empowerment contains articles of research results and / or analytical-critical studies in the field of out-of-school education specifically on adult education studies, community education, training and human resource development, counseling, and community development. The ...