Revolusi industri 4.0 yang berkembang semakin pesat membuat penyelenggaraan pembelajaran lebih kreatif dan inovatif dalam mengatur proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penggunaan media papan kebutuhan digunakan dalam proses belajar Pendidikan Pancasila kelas IV di SDN Kaligawe. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dua kali pembelajaran. 27 peserta didik dari kelas IV SDN Kaligawe adalah subjek penelitian ini. Hasil belajar peserta didik diamati selama proses pengumpulan data. Hanya 25% ketuntasan yang dicapai pada pembelajaran awal tanpa menggunakan media, dengan nilai hasil belajar rata-rata 67 dan ketuntasan di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Ini menunjukkan bahwa belum tercapainya tujuan pembelajaran. Pembelajaran menggunakan papan kebutuhan individu meningkatkan nilai rata-rata peserta didik menjadi 84 dengan ketuntasan mencapai 81%. Menurut hasil penelitian, pembelajaran kedua memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan terdapat peningkatan sebesar 56%. Penelitian ini menemukan bahwa papan kebutuhan individu sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN Kaligawe.
Copyrights © 2024