Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 2 (2024): Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan

The Development of Edpuzzle-Based Video Learning Media for English Language Learning in Elementary Schools

Azzizah, Diah Siti Nur (Universitas Pendidikan Indonesia)
Maulidhia, Qikha (Universitas Pendidikan Indonesia)
Regina, Regina (Universitas Pendidikan Indonesia)
Pratiwi, Shinta Ade (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nuryadin, Asep (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran yang diperkenalkan kembali di sekolah dasar di bawah kurikulum independen. Berdasarkan observasi yang dilakukan di sebuah sekolah dasar di Tasikmalaya, siswa menunjukkan kurang minat belajar bahasa Inggris karena menganggap kosakata bahasa Inggris sulit untuk dipahami. Salah satu pendekatan yang mungkin dilakukan adalah dengan memanfaatkan media yang dapat meningkatkan minat mereka terhadap mata pelajaran bahasa Inggris. Oleh karena itu, Edpuzzle dipilih sebagai platform untuk mengembangkan media pembelajaran digital yang menarik. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Edpuzzle cocok untuk pengajaran bahasa Inggris, khususnya dengan fokus pada topik “-ing verbs” di kelas empat. Uji validitas kualitas media pembelajaran memperoleh persentase rata-rata sebesar 97,17%, sedangkan uji validitas isi memperoleh persentase rata-rata sebesar 85,3%. Lebih lanjut, penerapan media berbasis Edpuzzle di SDN 2 Linggajaya menunjukkan bahwa baik guru maupun siswa memberikan respon positif terhadap media pembelajaran ini, dengan rata-rata respon siswa sebesar 95,3% dan rata-rata respon guru sebesar 96,5%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bahasa Inggris berbasis Edpuzzle sangat cocok untuk digunakan di sekolah dasar, khususnya mengenai kata kerja “-ing”.

Copyrights © 2024