Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) merupakan bagian integral dalam proses pendidikan calon guru, terutama dalam mengembangkan kompetensi profesional mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kontribusi PLP terhadap pengembangan profesional mahasiswa melalui studi kasus di SMK Negeri 1, dengan fokus pada kultur dan manajemen sekolah. Melalui pendekatan kualitatif-deskriptif, mahasiswa mengamati, menganalisis, dan menghayati dinamika sekolah sebagai lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PLP memberikan wawasan penting terkait pengelolaan sekolah, hubungan interpersonal, serta budaya belajar yang berpengaruh terhadap kesiapan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja sebagai calon pendidik. Pemahaman yang lebih mendalam tentang kultur dan manajemen sekolah membantu mahasiswa meningkatkan kompetensi manajerial dan pedagogik mereka, sehingga lebih siap untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan secara profesional. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelaksanaan PLP dengan integrasi lebih mendalam antara teori dan praktik di lapangan.
Copyrights © 2024