Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan
Vol. 6 No. 4 (2024): Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan

Kompetensi Kewirausahaan Merupakan Jembatan Penghubung antara Pelatihan Kewirausahaan Digital dengan Niat Berwirausaha

Mellisa, Mellisa (Unknown)
Tunjungsari, Hetty Karunia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian in adalah untuk menguji data mengenai berapa besar pengaruh antara pelatihan kewirausahaan digital pada niat berwirausaha dengan kompetensi kewirausahaan sebagai media penghubung antara variabel dependen dan variabel independen yang terdapat pada penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang seluruh data yang dihasilkan berasal dari data primer yang dikumpulkan sebanyaj 256 responden yang pernah mengikuti pelatihan kewirausahaan digital dengan menggunakan Google Forms dalam mengumpulkan data. Penelitian ini juga menggunakan desain penelitian deskriptif cross-sectional, yaitu dengan mengukur data satu kali pada waktu yang bersamaan. Skala likert juga digunakan dalam penelitian ini dengan tujuan untuk menyatakan setuju atau tidaknya responden terhadap pertanyaan yang diberikan dalam kuisioner tersebut. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non-probability sampling yaitu purposive sampling yang artinya hanya responden tertentu yang lolos dalam screening question pada kuisioner yang telah dibagikan. Tentunya, dalam mengolah data pada penelitian ini dibutuhkan uji data dengan menggunakan SmartPLS-SEM (Partial Least Square – Structural Equation Modelling) versi 4. Hasil yang didapat dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pelatihan kewirausahaan digital pada niat berwirausaha, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pelatihan kewirausahaan digital pada kompetensi kewirausahaan, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi kewirausahaan pada niat berwirausaha, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan dari kompetensi kewirausahaan yang menjadi jembatan penghubung antara pelatihan kewirausahaan digital dengan niat berwirausaha. The purpose of this study is to test the data on the influence of digital entrepreneurship training on entrepreneurial intention, with entrepreneurial competence as a mediating variable between the dependent variable and the independent variable in this study. This research is qualitative research in which all data generated comes from primary data collected by 256 respondents who have participated in digital entrepreneurship training using Google Forms to collect data. This study also uses a descriptive cross – sectional research design, which is by measuring data once at the same time. Likert scale is also used in this study with the aim of stating whether the respondents agree or not with the questions that has been given in the questionnaire. The sampling technique in this study uses non-probability sampling, namely purposive sampling, which means that only certain respondents that has passed the screening question on the questionnaire that has been distributed. Of course, in processing the data in this study, data testing is needed using SmartPLS – SEM (Partial Least Square – Structural Equation Modelling) version 4. The results obtained in this study are that 1) there is a positive and significant effect between digital entrepreneurship training on entrepreneurial intention 2) there is a positive and significant effect between digital entrepreneurship training on entrepreneurial competence 3) there is a positive and significant effect between entrepreneurial competence on entrepreneurial intention, and 4) there is a. positive and significant effect from entrepreneurial competence which becomes a bridge between digital entrepreneurship training and entrepreneurial intention.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMDK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan e-ISSN 2657-0025 is a collection of articles created by students of Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tarumanagara, as a requirement to achieve Bachelor of Economics degree. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan is published ...