Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Mia-card melalui FGD, menganalisis dampaknya terhadap pengetahuan dan sikap, serta tingkat penerimaannnya. Desain penelitian menggunakan FGD dan quasy experimental study with pre-test post-test control group. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2024 di SMPN 3 Jakarta dan SMPN 33 Jakarta. Subjek penelitian intervensi sebanyak 48 siswi kelas VIII yang terbagi menjadi kelompok kontrol (leaflet) dan kelompok intervensi (Mia-card). Hasil FGD didapatkan model Mia-card yang sesuai dengan karakteristik subjek. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan pengetahuan dan sikap antara sebelum dengan sesudah intervensi pada kedua kelompok, serta antara kelompok kontrol dengan kelompok intervensi saat sebelum dan sesudah intervensi (p<0,05). Terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan dengan sikap setelah intervensi pada kelompok kontrol (p<0,05). Namun, tidak terdapat hubungan signifikan sebelum intervensi pada kedua kelompok dan sesudah intervensi pada kelompok intervensi (p>0,05). Mayoritas subjek penelitian intervensi sangat menyukai Mia-card (54,2%). Mia-card lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan dibandingkan leaflet.
Copyrights © 2024