Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mensosialisasikan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam pendidikan di perguruan tinggi, mengingat implementasinya di Indonesia masih belum optimal. Metodologi yang digunakan adalah metode partisipatif dengan pendekatan community-based participatory research (CBPR), dimulai dengan survei kebutuhan, pelaksanaan sosialisasi melalui seminar dan pelatihan, serta evaluasi dampak. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dosen dan mahasiswa mengenai AI, dengan 80% peserta merasa lebih paham dan 65% dosen tertarik mengadopsi AI dalam pembelajaran. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan tenaga ahli masih perlu diatasi. Dampak dari pemanfaatan AI bagi mahasiswa sangat signifikan, termasuk peningkatan personalisasi pembelajaran, akses lebih luas ke sumber daya pendidikan, dan efisiensi dalam evaluasi. AI juga dapat mengembangkan keterampilan teknologi mahasiswa, mempersiapkan mereka untuk dunia kerja di era digital. Kegiatan pengabdian ini berhasil memberikan kontribusi positif dalam mempersiapkan perguruan tinggi untuk mengadopsi AI, meskipun diperlukan dukungan lebih lanjut dalam peningkatan infrastruktur dan pelatihan berkelanjutan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024