Kebutuhan akan orientasi pendidikan untuk siswa SMA sering kali menghadapi kesulitan dalam pemilihan jurusan kuliah dikarenakan kurangnya pemahaman mengenai minat, bakat, dan potensi mereka sendiri. Peningkatan minat dalam pembelajaran berbasis game generasi muda cenderung lebih terlibat dalam penggunaan teknologi dan game. Pendekatan pendidikan yang menarik melalui game dapat meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Siswa sebagai generasi muda perlu dibekali dengan pengetahuan yang cukup untuk menghadapi jenjang pendidikan kuliah. Sistem model pengembangan dan pelatihan potensi untuk siswa SMA ini bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada siswa mengenai pentingnya memilih jurusan kuliah yang sesuai. Selain itu, sistem model ini juga mengajarkan informasi melalui sarana game dengan visual yang menarik dan aksesibel. Melalui kegiatan ini, siswa akan dilatih untuk dapat mengembangkan potensi mereka sebagai pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah serta memberikan informasi sesuai mengenai pemilihan jurusan kuliah yang tepat dalam upaya memajukan dunia Pendidikan. Selain itu, program ini mengajak kerjasama berbagai pihak sebagai bentuk dukungan program. Dengan demikian, diharapkan siswa MAN YPKM Kuantan Mudik dapat menjadi lebih peduli dan mampu menghadapi jenjang pendidikan kuliah dengan lebih baik. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk generasi yang lebih sadar dan bertanggung jawab terhadap masa depannya dalam dunia pendidikan. Luaran Pendidikan ini diproyeksikan terbit pada Jurnal Pengabdian Masyarakat ber-ISSN tidak terakreditasi dan publikasi pada media massa.
Copyrights © 2024