Kampus Mengajar (KM) merupakan bagian dari Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan secara langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Program Kampus Mengajar ini bertujuan memberdayakan mahasiswa untuk membantu proses pengajaran di Sekolah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskripitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Papan Peluang dan Cross Math dalam program Kampus Mengajar memiliki dampak positif terhadap kemampuan numerasi siswa. Hal tersebut diperkuat dengan hasil AKM yang dilakukan sebelum dan setelah pelaksanaan program kegiatan kampus mengajar. Hasil pretest AKM sebelum pelaksanaan program menunjukkan bahwa dari 20 siswa yang mengikuti pretes diperoleh kompetensi numerasi sebesar 17%. Sedangkan hasil posttest AKM setelah pelaksanaan program menunjukkan bahwa dari 20 siswa yang mengikuti posttest diperoleh kompetensi numerasi sebesar 26%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Papan Peluang dan Cross Math dalam program Kampus Mengajar terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa.
Copyrights © 2024