Pemerintah terus berupaya meningkatkan angka literasi di Indonesia, salah satunya dengan melaluiĀ Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang menyelenggarakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah Kampus Mengajar yaitu kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dengan tujuan meningkatkan literasi dan numerasi siswa terutama pada sekolah dengan akreditasi B pada daerah tertinggal, terluar, dan terdepan. Adapun penelitian ini dilakukan di SD Negeri 166 Palembang di Jl. Rimba Kemuning Lr. Buyut RT 24 RW 3, Ario Kemuning, Kecamatan Kemuning, Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan. Metode yang digunakan pada program ini menggunakan Pendekatan PKM dengan Participatory Action Reasearch (PAR). Hasil yang diperoleh yaitu terlaksananya program di antaranya, Ayo Ke Perpustakaan, Jendela Informasi, Lintasan Literasi Anak (Litera), Layar Ceria, dan Perpustakaan Keliling. Dengan adanya program tersebut, tingkat literasi siswa meningkat ditandai dengan lebih aktifnya siswa dalam proses belajar mengajar, meningkatnya kunjungan siswa ke perpustakaan, dan lebih bersemangat dalam membaca buku.
Copyrights © 2024