Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembinaan ketaatan beribadah dan kedisiplinan belajar, faktor pendukung serta faktor penghambat pembinaan ketaatan beribadah dan kedisiplinan belajar pada siswa di SMK Muhammadiyah Salatiga tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang didapatkan bersumber dari data primer yang berbentuk hasil wawancara dengan Kepala Sekolah, guru PAI, siswa, serta data sekunder yang berupa hasil observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verikfikasi). Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi pembinaan ketaatan beribadah pada siswa dilakukan melalui pemberian pemahaman, pembiasaan, pembinaan, pengawalan, pengawasan (2) faktor pendukungnya adalah kesadaran diri siswa, adanya kerja sama Kepala sekolah dengan semua guru, sarana dan prasarana yang memadai, adanya pendampingan pada siswa (3) faktor penghambatnya adalah lingkungan sosial (teman) (4) strategi pembinaan kedisiplinan belajar pada siswa dilakukan melalui membangun dan membiasakan sikap disiplin belajar pada siswa, pengelolaan kelas dari guru, penyediaan alat penunjang pembelajaran yang memadai, tata tertib terkait pembelajaran, penilaian (5) faktor pendukungnya adalah adanya disiplin guru, adanya dukungan Kepala Sekolah dan semua guru, lingkungan kelas yang kondusif (6) faktor penghambatnya adalah sikap siswa terhadap pelajaran, media massa (handphone)
Copyrights © 2024