Dunia pemasaran dalam beberapa tahun terakhir ini mengalami perubahan yang signifikan akibat adanya perubahan yang signifikan pada tehnologi informasi. Hampir Sebagian besar Masyarakat telah mengenal penggunaan teknologi informasi yang menyebabkan ternjadinya perubahan perilaku termasuk perilaku konsumenTujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah: Memberikan pemahaman tentang digital marketing kepada pelaku UMKM dalam memahami pentingnya digital marketing dalam mempromosikan produk UMKM; Membuat toko online di salah satu e commerce/marketplace dan pengelolaannya sehingga calon pembeli semakin tertarik untuk membeli produk UMKM. Pelatihan ini sasarannya adalah pelaku UMKM yang berada di Kota Banjarmasin Beradasarkan analisis situasi diketahui bahwa permasalahan yang terjadi pada pelaku UMKM yang berada di Banjarmasin adalah kurangnya keterampilan dan pemahaman tentang Digital Marketing dalam mempromosikan produknya dan transaksi pembelian produk yang mayoritas masih menggunakan cara yang manual. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibutuhkan pelatihan digital marketing, Pengabdian pada Masyarakat ini telah memberikan edukasi kepada pelaku UMKM tentang digital marketing dan bagaimana menggunakan e-commerce atau marketplace. Secara umum kegiatan pelatihan ini berjalan lancar dan mendapat dukungan dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan tenaga Kerja sehingga kegiatan ini berhasil dilaksanakan tanpa kendala yang berarti.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024