Jurnal SOLMA
Vol. 13 No. 3 (2024)

A Pemanfaatan Aplikasi Artificial Intelligence (AI) sebagai Media Pembelajaran pada SMA Rahmatul Asri Enrekang

Natsir, Muh. Syahlan (Unknown)
Alam, Samsu (Unknown)
Syam, Asrul (Unknown)
Zulkarnain, Andi (Unknown)
Gading, Gading (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Background: Perekembangan Artificial Intelligence (AI) dalam berbagai bidang sangat pesat khususnya dalam bidang pendidikan sedangkan siswa belum memiliki pengetahuan mengenai AI tersebut termasuk dalam mengimplementasikannya sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien. Memperkenalkan pemanfaatan AI sebagai media pembelajaran. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis guru dan siswa dalam menggunakan teknologi AI untuk meningkatkan hasil belajar. SMA Rahmatul Asri dipilih sebagai lokasi pelatihan karena komitmennya untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui integrasi teknologi. Metode: PKM dilaksanakan di SMA Rahmatul Asri Enrekang yang diikuti oleh 75 peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing kelas XI dan XII. Sedangkan Tim dari Undipa terdiri dari 3 dosen. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM yaitu ceramah, pelatihan, praktek dan ujian pretest dan postest. Hasil: Berdasarkan hasil evaluasi PKM yang dilakukan terjadi peningkatan pemahaman dan pengetahuan mengenai implementasi AI sebagai media pembelajaran dilihat hasil nilai pretest siswa yang awalnya 72,8 dengan kategori sedang menjadi 82,9 dengan kategori tinggi sehingga terjadi peningkatan sebesar 10,1%. Kesimpulan: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat meningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai manfaat perkembangan AI dalam berbagai bidang khususnya dalam bidang pendidikan. Siswa mampu memngimplementasikan beberapa aplikasi AI dalam membantu tugas-tugas sekolah dan menjadikan AI sebagai salah satu media dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi yang dilakukan melalui pemberian pretest dan posttest yang hasilnya nilai pretest siswa yang awalnya 72,8 dengan kategori sedang menjadi 82,9 dengan kategori tinggi dengan peningkatan hasil PKM sebesar 10,1%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...