Jurnal SOLMA
Vol. 13 No. 3 (2024)

Pemberdayaan Komunitas Belajar (KomBel) Sekolah Luar Biasa Pagar Alam dalam Pembelajaran Berdiferensiasi

Aminah, Siti (Unknown)
Apriana, Apriana (Unknown)
Susanti, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Background: Kegiatan belajar yang diterapkan oleh Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pagar Alam masih menggunakan media pembelajaran yang sangat sederhana, yaitu menggunakan papan tulis dan kertas. Walaupun teknologi digital sudah semakin berkembang, tetapi para guru di SLB belum memanfaatkannya dengan maksimal karena kurangnya kemampuan dalam menggunakan teknologi. Tujuan kegiatan ini adalah memberdayakan kelompok belajar yaitu guru Sekolah Luar Biasa Negeri di Kota Pagar Alam dengan memberikan kemampuan soft skills agar dapat menyediakan media pembelajaran berbasis teknologi. Metode: Kegiatan ini dilakukan di SLB Pagar Alam dengan peserta berjumlah 19 orang memiliki beberapa tahapan yaitu, analisis kebutuhan kegiatan, perancangan teknologi yang akan digunakan, pendampingan dan implementasi, dan evaluasi. Hasil: Hasil dari kegiatan ini guru dapat membuat media pembelajaran berupa presentasi, video, poster dan game edukasi sesuai dengan materi yang akan diberikan kepada siswa SLB. Bertambahnya pemahaman mengenai prinsip pembelajaran berdiferensiasi serta didapatnya keterampilan guru dalam menggunakan Canva, Capcut dan Educandy. Kesimpulan: Seluruh peserta menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam menghasilkan media pembelajaran yang baru untuk meningkatkan pembelajaran yang optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...