Jurnal Kajian Pendidikan IPA
Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Kajian Pendidikan IPA

Asesmen formatif dalam pembelajaran inkuiri model 5 E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis berbasis web pada siswa SMA

Dita, Sukma Pra (Unknown)
Qadar, Riskan (Unknown)
Komariyah, Laili (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2021

Abstract

Penelitian yang mempunyai tujuan yaitu agar mendapati pengaruh asesmen formatif dalam pembelajaran inquiry model 5E untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis berbasis WEB pada siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat pra-eksperimental design. Desain yang diterapkan yaitu one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sendawar dengan jumlah sampel sebanyak 25 siswa pada kelas X MIPA 2. Teknik pengambilan data dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Pengumpulan data menggunakan teknis tes berupa 10 butir soal essai untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan tes asesmen formatif berupa 3 butir soal essai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa asesmen formatif dapat meningkatkan hasil belajar dengan nilai rata-rata tiga pertemuan berturut-turut sebesar 73, 81, dan 86. Kemudian melalui penerapan pembelajaran inkuiri model 5E dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan nilai gain 0,31 berada dalam kategori sedang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jkpi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Kajian Pendidikan IPA (JKPI) dengan nomor P-ISSN: 2798-7043 dan E-ISSN: 2798-7043 merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, FPIK, Universitas Garut. Jurnal ini bertujuan mempublikasikan artikel hasil penelitian atau pemikiran pada bidang Pendidikan IPA, Pendidikan ...