Education and Counseling Journal
Vol 4 No 2 (2024): Edisi Agustus

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZZIZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV B DI SDN DUREN III KLARI KARAWANG

Maulana, Ridwan (Unknown)
Darmiyanti, Astuti (Unknown)
Rukajat, Ajat (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik dan metode konvensional yang berpusat pada guru, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Proses pembelajaran yang monoton membuat siswa cepat bosan, mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi bilangan cacah melalui penerapan media pembelajaran Quizizz. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan dua siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, serta melibatkan siswa kelas IV B SDN Duren III Klari Karawang. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, dari rata-rata nilai 66,3 pada pra tindakan menjadi 77,4 pada siklus I dan 84,7 pada siklus II, dengan ketuntasan belajar meningkat dari 41,1% menjadi 88,2%. Penerapan media pembelajaran Quizizz terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

consilium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal consilium adalah jurnal bidang pendidikan dan konseling untuk semua jenjang pendidikan yakni Sekolah Dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga perguruan tinggi (PT). jurnal consilium merupakan cerminan aspirasi guru-guru di SD – SMA yang membutuhkan ...