Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang didasarkan pada pendidikan karakter melalui Profil Pelajar Pancasila. Tujuan dari penelitian ini 1) menghasilkan e-modul materi statistika tingkat SMK untuk menumbuhkan profil pelajar Pancasila yang valid dan praktis; 2) mengetahui keefektifan dari e-modul pada materi statistika tingkat SMK untuk menumbuhkan profil siswa Pancasila yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Tingkat kevalidan yang dinilai oleh 3 orang validator mendapatkan skor 90,6%, sehingga dikategorikan sangat valid. Tingkat kepraktisan setelah dilakukan ujicobakan ke peserta didik mencapai skor 84,7%, sehingga dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan tes hasil belajar peserta didik 80% dari 20 orang tuntas dengan nilai ≥75, dalam hal ini berarti penggunaan e-modul statistika termasuk kategori efektif. Dengan ini disimpulkan bahwa e-modul statistika yang telah dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024