Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 3 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 3 Tahun 2024

Pengembangan E-Modul Pada Materi Statistika Tingkat SMK untuk Menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila

Bernessa, Berlin Inbay (Unknown)
Retta, Allen Marga (Unknown)
Octaria, Dina (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang didasarkan pada pendidikan karakter melalui Profil Pelajar Pancasila. Tujuan dari penelitian ini 1) menghasilkan e-modul materi statistika tingkat SMK untuk menumbuhkan profil pelajar Pancasila yang valid dan praktis; 2) mengetahui keefektifan dari e-modul pada materi statistika tingkat SMK untuk menumbuhkan profil siswa Pancasila yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Tingkat kevalidan yang dinilai oleh 3 orang validator mendapatkan skor 90,6%, sehingga dikategorikan sangat valid. Tingkat kepraktisan setelah dilakukan ujicobakan ke peserta didik mencapai skor 84,7%, sehingga dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan tes hasil belajar peserta didik 80% dari 20 orang tuntas dengan nilai ≥75, dalam hal ini berarti penggunaan e-modul statistika termasuk kategori efektif. Dengan ini disimpulkan bahwa e-modul statistika yang telah dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...