Komuniasi persuasif memberikan pengaruh besar pada daya pilih sekolah. Hal ini disebabkan karena keputusan masyarakat tentang sekolah dipengaruhi oleh masalah promosi dan citra. Konsep tentang pengaruh komunikasi persuasif dalam promosi dan reputasi sekolah perlu dikaji karena dapat mempengaruhi keputusan dalam pemilihan sekolah. 114 responden yang mengisi kuesioner dan semua siswa SMK Sunan Kalijogo Jabung memberikan data untuk penelitian ini. Data penelitian kemudian dievaluasi secara kuantitatif dan deskriptif di SMK Sunan Kalijogo Jabung untuk mengetahui gambaran promosi, citra sekolah, dan keputusan memilih sekolah serta dampak promosi dan citra sekolah terhadap keputusan tersebut. Sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan SPSS, analisis deskriptif dilakukan dengan melihat nilai rata-rata dari setiap indikasi variabel penelitian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa di Sunan Kalijogo Jabung, variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih sekolah. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa H1 disetujui sedangkan H0 ditolak.Nilai t hitung 3,030 > t tabel (1,981) dan nilai signifikansi 0,003 <0,05 mendukung hal tersebut. 2. Di SMK Sunan Kalijogo Jabung, variabel citra sekolah berpengaruh baik dan cukup besar terhadap keputusan orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa H2 disetujui sedangkan H0 ditolak. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 7,311 > ttabel (1,981) dan nilai signifikansi 0,000< 0,05. 3. Variabel promosi dan citra sekolah berdampak pada pengambilan keputusan secara bersamaan. Nilai signifikansi 0,000 < 0,05 mendukung hal ini. Berdasarkan hipotesis di atas, pengaruh promosi dan citra sekolah terhadap pengambilan keputusan memiliki koefisien determinasi sebesar 0,711 atau persentase sebesar 71,1%. .
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024