Pengabdian ini bertujuan untuk mengkaji strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan minat belajar anak-anak di lingkungan pendidikan formal dan informal. Beberapa strategi yang diidentifikasi meliputi penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan metode yang dapat menciptakan suasana belajar yang menarik. Metode pengabdian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Ruang Belajar Ceria (RBC) berbeda dari pengajaran konvensional dalam hal cara dan proses kegiatan pembelajarannya. Kegiatan RBC melibatkan Kepala Sekolah, dewan guru, dan siswa di SDN 034 Desa Lubuk Jale. Suasana pembelajaran diubah menjadi lebih informal untuk mendorong ekspresi diri siswa, dengan seluruh anggota kelompok KKNT berpartisipasi dalam pelaksanaannya. RBC menghadirkan pengalaman belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan bagi anak-anak, sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat belajar mereka. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa metode dan suasana yang baru dalam RBC efektif dalam memotivasi anak-anak untuk belajar. Simpulan, bahwa penerapan strategi yang inovatif, seperti Ruang Belajar Ceria, dapat signifikan meningkatkan minat belajar anak-anak, sehingga berkontribusi pada proses pendidikan yang lebih efektif. Kata Kunci: Pendidikan, Minat Belajar, Strategi, RBC
Copyrights © 2024