Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengimplementasian lembar kerja peserta didik melalui pendekatan Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika permainan tradisional dakon yang diterapkan menggunakan Hypothetical Learning Trajectory pada materi perkalian bilangan cacah. Pembelajaran matematika masih dianggap sebagai pembelajaran yang rumit dan sulit untuk dipahami. Penelitian ini memungkinkan siswa melakukan aktivitas pembelajaran dari permasalahan kontekstual yang lebih dekat dan lebih konkret bagi siswa berbasis pada permainan tradisional dakon yang dituangkan ke dalam aktivitas memahami, bermain, menggambar, menempel, menghitung, dan menyimpulkan. Metode yang digunakan adalah Design Research dengan pendekatan kualitatif dilakukan melalui tiga tahap yaitu persiapan eksperimen, pelaksanaan eksperimen, dan analisis retrospektif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Tlogowatu dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas III dengan jumlah 4 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesesuaian antara Actual Learning Trajectory dengan Hypothetical Learning Trajectory, artinya pengimplementasian LKPD dengan pendekatan RME berbasis etnomatematika yaitu permainan tradisional dakon menggunakan Hypothetical Learning Trajectory mampu secara efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu juga dapat menjadikan pembelajaran matematika sebagai pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa serta mampu mengembangkan pemahaman siswa terkait materi perkalian bilangan cacah.
Copyrights © 2024