Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika
Vol 8, No 2 (2024): JURNAL KAJIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Pengembangan Pembelajaran Inkuiri untuk Menumbuhkan Berpikir Kreatif Matematis

Hidayanto, Erry (Unknown)
Darmawan, Puguh (Unknown)
Sulistyorini, Dwi (Unknown)
Arini, Kartika Ayu Dwi (Unknown)
Rohmah, Riska Nur (Unknown)
Assegaff, Muhamad Farid (Unknown)
Munika, Risa Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2024

Abstract

Pembelajaran inkuiri penting pada pelajaran matematika, terutama untuk membentuk dan memperkuat konsep matematika serta prosedur pemecahan masalah. Peserta didik perlu didorong untuk menemukan sendiri konsep, pola, dan prosedur dasar dalam konsep matematika. Penelitian ini bertujuan mengembangkan pembelajaran inkuiri untuk menumbuhkan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini dirancang menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 5 fase yaitu: investigasi awal (prelimenary investigation), fase desain (design), fase realisasi/konstruksi (realization/construction), dan fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision), dan implementasi (implementation). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini: modul ajar, lembar observasi, lembar kerja peserta didik (LKPD), lembar tes, lembar angket, dan lembar validasi. Subjek uji coba pelaksanaan model pembelajaran inkuiri ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Gandusari Blitar Jawa Timur. Pengambilan data dilakukan pada semester gasal tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbasis penalaran dasar untuk menumbuhkembangkan berpikir kreatif matematis siswa ini valid, praktis, dan efektif. Dengan hasil tersebut model inkuiri direkomendasikan sebagai salah satu strategi pembelajaran yang efektif untuk menumbuhkembangkan berpikir kreatif matematis.

Copyrights © 2024