Profesionalisme guru memiliki peran kunci dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa, terutama pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di tingkat madrasah. Penelitian ini bertujuan menganalisis profesionalisme guru SKI dan pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa di MTsN 1 Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru mata pelajaran SKI, kepala madrasah, dan sejumlah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru SKI di MTsN 1 Pamekasan tercermin melalui kompetensi profesional dan pedagogik yang cukup baik, lalu pada aspek kepribadian dan sosial sangat baik. Strategi yang diterapkan mencakup penggunaan metode pembelajaran inovatif, pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi, dan pendekatan kontekstual dalam menyampaikan materi sejarah Islam. Temuan dalam penelitian menunjukkan adanya korelasi positif antara profesionalisme guru dan peningkatan kemampuan kognitif siswa, yang ditandai dengan naiknya rata-rata nilai hasil belajar dan meningkatnya minat serta motivasi siswa dalam mempelajari SKI.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024