Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 11 No. 4 (2024)

PENGEMBANGAN FLASHCARD MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK SISWA SD

Ulumudin, M. Ibham (Unknown)
Fatih, Mohamad (Unknown)
Alfi, Cindya (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan flashcard materi bangun ruang, mengetahui kevalidan, kelayakan dan daya tarik media flashcard pada materi bangun ruang. Metodologi yang adalah Reseach and Development, dengan model ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, lembar validasi dan angket. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN UPT SDN Ngaringan 04 Kabupaten Blitar yang berjumlah 18 orang. Hasil kevalidan media flashcard yang dikembangkan sebesar 98% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kelayakan yang diperoleh dari tanggapan ahli materi, ahli media dan guru sebesar 93,78% sehingga dapat dikatakan media pembelajaran flashcard “sangat layak”. Penilaian kemenarikan siswa terhadap media pembelajaran flashcard menghasilkan total skor persentase sebesar 88,02% dengan kategori sangat menarik. Dengan demikian, dapat disimpulkan media flashcard materi bangun ruang dinyatakan valid, layak, dan menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran siswa kelas VI sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...