Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini
Vol 4, No 3 (2024): DESEMBER

MENGEMBANGKAN ASPEK PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DALAM MENGENAL HURUF MENGGUNAKAN KOMBINASI MODE PROBLEM BASED LEARNING, MAKE A MATCH DAN MEDIA ULAR TANGGA KELOMPOK A TK INSAN AZKIA BANJARMASIN

Khoirunnisa, Khoirunnisa (Unknown)
Faqihatuddiniyah, Faqihatuddiniyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil dari perkembangan bahasa anak dalam mengenal huruf anak kelompok A. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam 3 pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok A1 yang berjumlah 16 anak Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data di lakukkan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan cross tabulasi dan grafik yang di sajikan dengan indikator keberhasilan perkembangan yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan aspek bahasa anak. Data dihasilkan dari lembar observasi guru, anak dan hasil capaian perkembangan anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mendapatkan skor 20 dengan kategori “baik”, pada pertemuan 2 mendapatkan skor 23 dengan kategori “sangat baik”, dan pada pertemuan 3 mendapatkan skor 27 dengan kategori “sangat baik”. Aktivitas anak pertemuan 1 memperoleh persentase 37,5% dengan kategori “kurang aktif”, pertemuan 2 memperoleh persentase 75% dengan kategori “aktif” dan pertemuan 3 memperoleh skor 100% dengan kategori “sangat aktif”. Hasil perkembangan bahasa anak pada pertemuan 1 memperoleh persentase 25% dengan kategori “belum berkembang” , pada pertemuan 2 memperoleh persentase 43,80% dengan kategori “mulai berkembang” dan pada pertemuan 3 memperoleh persentase 100% dengan kategori “berkembang sangat baik”. Disarankan bagi kepala sekolah dan guru untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan masukan dalam memperbaiki pembelajaran pada anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jikad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) merupakan kumpulan artikel/jurnal tugas akhir mahasiswa PG PAUD di bidang Pendidikan Anak Usia Dini. JIKAD mulai diterbitkan pada tahun 2021 di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas ...