Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil dari perkembangan bahasa anak dalam mengenal huruf anak kelompok A. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam 3 pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok A1 yang berjumlah 16 anak Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data di lakukkan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan cross tabulasi dan grafik yang di sajikan dengan indikator keberhasilan perkembangan yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan aspek bahasa anak. Data dihasilkan dari lembar observasi guru, anak dan hasil capaian perkembangan anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mendapatkan skor 20 dengan kategori “baik”, pada pertemuan 2 mendapatkan skor 23 dengan kategori “sangat baik”, dan pada pertemuan 3 mendapatkan skor 27 dengan kategori “sangat baik”. Aktivitas anak pertemuan 1 memperoleh persentase 37,5% dengan kategori “kurang aktif”, pertemuan 2 memperoleh persentase 75% dengan kategori “aktif” dan pertemuan 3 memperoleh skor 100% dengan kategori “sangat aktif”. Hasil perkembangan bahasa anak pada pertemuan 1 memperoleh persentase 25% dengan kategori “belum berkembang” , pada pertemuan 2 memperoleh persentase 43,80% dengan kategori “mulai berkembang” dan pada pertemuan 3 memperoleh persentase 100% dengan kategori “berkembang sangat baik”. Disarankan bagi kepala sekolah dan guru untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan masukan dalam memperbaiki pembelajaran pada anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024