Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa dalam teks e-book “Buku Praktis Teknik Jaringan Komputer” yang digunakan di SMKS Cerdas Murni Tembung. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dengan analisis teks untuk mengidentifikasi kesalahan ejaan, struktur kalimat, serta lemahnya kohesi dan koherensi dalam materi pembelajaran. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan studi literatur dimana data diperoleh melalui membaca dan mencatat. Data dianalisis menggunakan analisis wacana untuk menggambarkan berbagai jenis kesalahan yang memengaruhi keterbacaan, termasuk kesalahan dalam ejaan, struktur kalimat yang tidak baku, serta hubungan antar kalimat yang kurang kuat (kohesi) dan alur logika yang tidak konsisten (koherensi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa berdampak signifikan terhadap keterbacaan dan pemahaman siswa. Analisis mengidentifikasi berbagai kesalahan ejaan, termasuk penggunaan istilah teknis yang tidak sesuai dengan PUEBI, serta kalimat yang terlalu panjang dan bertele-tele. Kekurangan dalam struktur kalimat dan penggunaan istilah teknis ini mengurangi efektivitas pembelajaran. Selain itu, kelemahan kohesi dan koherensi antar bagian materi menyulitkan siswa dalam mengikuti alur penjelasan, menyebabkan kebingungan dalam mengaitkan informasi. Penelitian ini menekankan pentingnya penyampaian materi yang jelas dan terstruktur untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif di SMKS Cerdas Murni Tembung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024