Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilaksanakan di MAN 1 Bandar Lampung, diperoleh informasi bahwa. dalam penanaman dan penerapan pemahaman moderasi beragama, mata pelajaran akidah akhlak merupakan yang selaras dengan moderasi beragama yang dilaksanakan di dalam tingkatan sekolah. Dari sembilan nilai moderasi beragama, ada 3 nilai dasar yang dirasa sangat penting dan menjadi tumpuan awal dari nilai moderasi beragama, yang ditanamkan di dalam jam pembelajaran akidah akhlak maupun diluar jam pembejalaran, Yakni nilai: Tawasuth, I’tidal, dan Tasamuh. Hal ini mengindikasikan bahwa akidah akhlak berada di balik layar pemnanaman nilai moderasi beragama. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk uji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai moderasi beragama yang difokuskan kepada nilaidasar moderasi beragama, yakni nilai tawasuth, nilai i’tidal, dan nilai tasamuh sudah berjalan dengan baik, dan dapat dilanjutkan untuk mengimplementasikan keenam nilai moderasi beragama yang lain.
Copyrights © 2024