Jurnal Pendidikan Nonformal
Vol 19, No 2 (2024): September 2024

Implementasi Prinsip Andragogi pada Pembelajaran di LKP Surabaya Hotel School

Rahmawati, Rizka (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Pendidikan adalah pintu utama untuk menyiapkan generasi masa depan dan mewujudkan cita-cita bangsa. Oleh sebab itu, pendidikan mengambil peranan penting dalam membentuk skill dan kemampuan baik melalui pembelajaran formal, non formal maupun informal sehingga bisa menunjang keterampilan dan kompetensi peserta didik dan mampu bersaing di dunia kerja. Pendidikan non formal sering kali dipilih untuk meningkatkan kualitas diri peserta didik karena berfokus pada praktik dan pengalaman. Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Surabaya Hotel School dipilih sebagai tempat penelitian karena sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan prinsip andragogi yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan andragogi dan proses pengambilan data menggunakan wawancara mendalam serta dokumentasi. Pengumpulan, reduksi, penampilan, verifikasi, dan penarikan kesimpulan adalah proses yang digunakan untuk melakukan analisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip andragogi dapat diterapkan dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan peserta didik. Hal ini dapat diketahui melalui: 1) Pemahaman yang mendalam tentang materi perhotelan dan hubungannya dengan kondisi lapangan kerja, 2) Kemampuan untuk melakukan praktik kerja dan menggunakan fasilitas yang tersedia, dan 3) Sikap selama di kelas sebagai gambaran sikap bekerja. Ada 3 capaian hasil yaitu: 1) Prinsip Andragogi dapat diimplementasikan pada pelaksanaan pembelajaran, 2) Peningkatan kompetensi peserta didik di LKP Surabaya Hotel School, dan 3) Peningkatan kompetensi peserta didik LKP Surabaya Hotel School dengan mengimplementasikan prinsip andragogi.

Copyrights © 2024