Journal Mathematics Education Sigma [JMES]
Vol 6, No 1 (2025): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika

Sulasih, Sulasih (Unknown)
Firmansyah, Dani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 2 Jatisari pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Jatisari. Dengan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh ukuran sampel penelitian ini yaitu sebanyak 30 siswa kelas VIII di sekolah tersebut. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang terdiri dari 5 butir soal essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis di antara siswa masih bervariasi dan cenderung rendah. Dari hasil pengkategorian, mayoritas siswa berada pada tingkat pemahaman konsep yang sedang, yaitu 63%, dengan hanya sedikit siswa yang mencapai tingkat tinggi, yaitu 24%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmes

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Fokus dari Journal Mathematics Education Sigma (JMES) ini: Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Realistik Kemampuan Matematika Pengembangan Penelitian Dalam Pendidikan Matematika ICT Dalam Pendidikan ...