Journal Mathematics Education Sigma [JMES]
Vol 6, No 1 (2025): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA

Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Pasaribu, Fauziah (Unknown)
Ammy, Putri Maisyarah (Unknown)
Nasution, Syafitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah peserta didik kurang dalam pemahaman konsep, kemampuan guru dalam pengelolaan kelas untuk peserta didik aktif daalam pembelajaran dengan pembelajaran yang berpusatĀ  pada peserta didik. Untuk mengatasi permasalann pemehama konsep dan keaktifan peserta didik diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adaah untuk meningkatkan pemahaman kosep peserta didik dan meningkatkan keaktifan peserta didik. Dengan implementasi Model pembelajaran Problem Based Learning di kelas VIII-7 UPT SMP Negeri 16 Medan. Jenis penelitian adalah Penenlitian tidandakan Kelas, dimana peningkatan pemahaman konsep peserta didik, Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat setealah diterapkannya dengan model pembelajaran based learning dimana peningkatannya dapat dilihat dari hasil tes yang sudah dipersentasekan peingkatannya, peningkatannya terjaadi sekkitar 19.78 % darri siklus 1 ke siklus 2. Keaktifan peserta didik meningkat sejak dilakukannya model pembelajaran problem based learning dilihat dari aktivitas peserta didik yang dilakukan observasi langsung oleh guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmes

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Fokus dari Journal Mathematics Education Sigma (JMES) ini: Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Realistik Kemampuan Matematika Pengembangan Penelitian Dalam Pendidikan Matematika ICT Dalam Pendidikan ...