Renjana Pendidikan Dasar
Vol 4 No 4 (2024): Edisi November 2024

DISEMINASI DIDAKTIS NUMERASI BERBANTUAN AUGMENTED REALITY DI SEKOLAH WILAYAH YOGYAKARTA

Sugiman, Sugiman (Unknown)
Rahmawati, Rina Dyah (Unknown)
Tuntunan, Githa Stien (Unknown)
Fitriana, Silfi Nisa (Unknown)
Izza, Tsabita Nurul (Unknown)
Shalihah, Hanifah Mar'atush (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2024

Abstract

Kemampuan numerasi adalah keterampilan dalam menerapkan konsep bilangan dan operasi hitung dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tingkat numerasi siswa SD di Indonesia, khususnya di kelas tinggi, masih rendah, yang kemungkinan disebabkan oleh kurang optimalnya pembelajaran operasi bilangan di kelas rendah. Penelitian di sekolah dasar di Yogyakarta pada tahun 2023 menunjukkan bahwa guru mengalami kesulitan dalam menyusun perangkat pembelajaran yang kontekstual, sehingga berdampak pada rendahnya partisipasi belajar dan kemampuan numerasi siswa. Untuk mengatasi hal ini, model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kooperatif dapat digunakan untuk memperdalam pemahaman matematika siswa. Penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan media Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan siswa, seiring dengan meningkatnya keterbiasaan siswa menggunakan gadget sejak pandemi Covid-19. Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, penting juga bagi guru untuk mendapatkan pelatihan terkait variasi model pembelajaran matematika dan penggunaan media berbasis teknologi seperti AR agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan relevan dengan kehidupan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...