RAUDHAH
Vol 12, No 2 (2024): RAUDHAH

Manajemen Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi Pada Anak 5-6 Tahun (Studi Kasus Di Qur’an Training Centre Al- Mady Yogyakarta)

Nurfadlilah, Wuri Annisa (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Rohmah, Lailatu (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Munastiwi, Erni (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2024

Abstract

Negara Indonesia yang mayoritas penduduknya Islam ternyata memiliki kasus cukup tinggi dalam ketidak mampuan membaca Al-Qur’an dengan baik. Sebagai generasi penerus bangsa, seharusnya anak dipersiapkan untuk belajar Al-Qur’an dengan baik sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW, disamping itu sekolah sebaiknya memberikan fasilitas memenuhi dan memadai bagi anak dalam proses belajar Al-Qur’an. Tujuan penelitian untuk mengkaji penerapan metode Ummi dalam membentuk generasi Qur’ani anak usia 5-6 tahun di Qur’an Training Centre Al-Mady Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan field study. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Ummi dalam membentuk generasi Qur’ani secara sistematis yang dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu persiapan, penerapan dan evaluasi. Metode Ummi di Qur’an Training Centre Al-Mady Yogyakarta sangat efektif, sistematis dan direkomendasikan. 

Copyrights © 2024