Widya Komunika: Jurnal Komunikasi Pendidikan
Vol 14 No 2 (2024): Widya Komunika: Corporate and Marketing Communication, Media & Cultural Studies,

Kampanye Perlindungan Orang Utan Melalui Instagram Centre For Orangutan Protection (COP)

Khotimah, Wininda Qusnul (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2024

Abstract

Centre of Orangutan (COP) merupakan lembaga swadaya masyarakat yang berdiri sejak tahun 2007. Misi melindungi Orangutan dan sekitarnya yang dilakukan oleh COP mendapat penghargaan dalam Anugerah Ormas Award tahun 2018. Terus melakukan aksi perlindungan Orangutan, membuat COP perlu membagikan kegiatannya dan mengajak orang lain untuk mengetahui dan berkontribusi langsung untuk menyelamatkan Orangutan. Hal tersebut dilakukan melalui instagram @orangutan_cop. Penelitian ini melihat bagaimana kampanye yang dilakukan oleh COP melalui instagram. Melalui metode studi kasus, peneliti mengumpulkan data sebanyak-banyaknya, dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sehingga didapatkan bahwa COP melakukan kampanye melalui instagram dengan empat tahapan yakni mempertimbangkan pemilihan komunikator yang tepat, pengemasan pesan yang mudah dimengerti, memunculkan kekuatan dari khalayak, dan mengajak khalayak untukk berfikir. Bentuk kampanye yang dilakukan yakni dengan membuat event donasi dan sastra yang memunculkan keterlibatan khalayak secara langsung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Widya Komunika membahas dan mengkaji tema-tema komunikasi dan pendidikan yang bersumber dari hasil penelitian maupun sumbang saran pemikiran atau pengkajian ilmiah dari semua akademisi, praktisi dan pemerhati masalah komunikasi dan dunia pendidikan. Fokus dan Bidang Kajian artikel-artikel ...