Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 5 No. 1 (2024): Volume 5 Nomor 1 Tahun 2024 (Juni 2024)

Kemampuan Menulis Surat Resmi dan Surat Pribadi Dengan Metode Pembelajaran Komunikatif Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Rewarangga Ende Tahun Ajaran 2023/2024

Bata, Falentinus (Unknown)
Ratu, Angela (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan tentang kemampuan menulis surat resmi dan surat pribadi dengan metode pembelajaran komunikatif pada siswa kelas VII SMP Swasta Rewarangga tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dalam bentuk angka-angka dan dianalisis secara kualitatif verbal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian ini adalah metode kuantitatif yang menggunakan teknik tes tertulis dan dokumentasi. Metode tes tertulis digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa kelas VII SMP Swasta Rewarangga dalam menulis surat resmi dan surat pribadi dengan menggunakan metode pembelajaran komunikatif. Kelompok sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 21 orang siswa kelas VII SMP Swasta Rewarangga Ende. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis surat resmi dan surat pribadi tergolong baik. Kemampuan menulis surat resmi dengan rata-rata 80,52% dan surat pribadi dengan rata-rata adalah 81,23%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

RJPBSI

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

RETORIKA merupakan Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Flores, Ende. Jurnal dengan visi “menjadi jurnal terakreditasi di bidang pembelajaran bahasa, sastra, dan pengajaran”, mengemban tiga misi: ...