Kilmatuna: Journal Of Arabic Education
Vol. 4 No. 2 (2024): Oktober : KILMATUNA: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Application of Audiolingual Method in Improving Arabic Vocabulary Mastery of Students of Class VIII B MTs Muhammadiyah Kota Bima

Sadat, Anwar (Unknown)
Muslimin, Muslimin (Unknown)
Iklimah, Assifah Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mengimplementasikan metode Audiolingual untuk meningkatkan penguasaan bahasa Arab siswa kelas VIII B di MTs Muhammadiyah Kota Bima. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dengan subjek penelitian berjumlah 27 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi serta dianalisis secara deskriptif, kualitatif, dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Audiolingual, dengan imitasi dan latihan berulang hingga hafal, signifikan meningkatkan penguasaan bahasa Arab siswa. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 68,3% pada siklus 1 menjadi 73,3% pada siklus 2, dengan 20 dari 27 siswa mencapai hasil memuaskan. Tingkat kelulusan klasikal meningkat dari 74% pada siklus 1 menjadi 88,8% pada siklus 2.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pba

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan dan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Jurnal ini berisikan artikel ilmiah baik penelitian ...