Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 2 (2024): Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Penerapan Model Brain Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Data Pada Siswa Sekolah Dasar

Halmatuzzuhrotulaini1, Baiq (Unknown)
Adiansha, Adi Apriadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Brain Based Learning dalam meningkatkan literasi data pada siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Suralaga. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus, dengan setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini melibatkan 20 siswa di sekolah tersebut. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam nilai dan literasi data siswa. Persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal meningkat dari 40% pada pra-siklus menjadi 60% pada siklus pertama dan 90% pada siklus kedua. Hal ini menunjukkan bahwa model Brain Based Learning efektif dalam meningkatkan literasi data dan kemampuan analisis data pada anak-anak. Observasi juga menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih terlibat dan termotivasi selama proses pembelajaran. Refleksi dan umpan balik dari guru dan siswa menunjukkan respons positif terhadap penerapan metode ini. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar model Brain Based Learning diintegrasikan lebih lanjut dalam kurikulum Sekolah Dasar Negeri 1 Suralaga untuk meningkatkan pemahaman konsep literasi data serta memperkaya keterampilan analisis siswa secara efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...