Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 2 (2024): Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Strategi Guru Tahfidz Dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa Di Salah Satu SDIT Cikarang

Zahra Al Atikah (Unknown)
Budianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan permasalahan kesulitan menghafal pada salah satu siswa di SDIT Cikarang. Siswa tersebut memiliki banyak ghafal Al-Qur’an di kelasnya. Sehingga menarik peneliti untuk meneliti terkait permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini ialah untuk menjelaskan strategi guru dalam pembelajaran tahfidz yang digunakan guru tahfidz di salah satu sekolah SDIT Cikarang pada salah satu siswa yang sulit menghafal. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Kemudian hasil data yang diperoleh melalui wawancara dengan salah satu guru tahfidz kelas 1 kemudian dokumentasi. Sehingga hasil yang didapatkan dalam penelitian ini diantaranya (1) Faktor penyebab salah satu siswa kesulitan menghafal (2) Strategi guru tahfidz dalam mengatasi siswa kesulitan menghafal (3) hasil implementasi dari stategi guru tahfidz dalam mengatasi anak kesulitan menghafal

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...