Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 2 (2024): Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Pemanfaatn Metode Talaqqi Pada Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Bagi Peserta Didik Kinestetik Di Sekolah Dasar Cikarang

Suharto, Zulfa Ummu Salamah (Unknown)
Budianto (Unknown)
Danang Dwi Basuki (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Metode Talaqqi adalah pendekatan langsung dalam menghafal Al-Qur'an dengan mendengarkan dan meniru bacaan guru untuk memastikan pengucapan dan intonasi yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh metode talaqqi dalam pembelajaran tahfidz al-Qur’an di SDIT Al-Arabi Cikarang, dengan fokus pada peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode talaqqi efektif dalam meningkatkan kemampuan hafalan al-Qur’an pada siswa terutama dalam aspek hukum tajwid dan makhrajul huruf. Evaluasi berkala dan umpan balik atau feedback langsung dari guru sehingga dapat membantu untuk memonitor dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Mesikpun dihadapkan dengan berbagai tantangan, strategi yang diterapkan oleh pihak SDIT Al-Arabi Cikarang berhasil untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam konteks pembelajaran tahfidz Al-Qur'an di lingkungan pendidikan Islam, khususnya bagi siswa dengan gaya belajar kinestetik di SDIT Al-Arabi Cikarang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...